Tips Menikmati Video YouTube Tanpa Mengganggu Produktivitas

Selain Facebook, YouTube kini sering jadi tempat singgah saat sedang atau rehat bekerja
youtube-1719926_1280

Cukup beralasan mengapa sejumlah orang memprediksi televisi akan tergantikan oleh layanan YouTube. Ragam kontennya yang tidak terbatas, akses yang mudah dan biaya yang murah membuat jutaan orang betah menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar smartphone, tablet atau PC mereka.

Kebiasaan baru ini menjadi fenomena sekaligus tantangan, terutama bagi mereka pengguna loyal yang dituntut tetap produktif sembari mengikuti perkembangan konten yang digemari di YouTube. Beberapa bahkan nyambi jadi YouTuber. Oleh karena itu, kami punya beberapa tips sederhana bagaimana caranya tetap bisa menikmati konten-konten asyik di YouTube tanpa mengganggu produktivitas kerja.

Secara Berkala Pantu Waktu Menonton Anda

Seseorang yang punya niatan kuat untuk disiplin biasanya punya kencenderungan untuk taat pada aturan yang dibuat sendiri olehnya. Jadi, mulai dari tekad Anda, tetapkan batasan jam menonton secara manual. Misalnya 30 menit setiap hari. Lalu bagaimana memantaunya? YouTube sudah sediakan toolnya untuk Anda.

  • Tap ikon profile Anda di sebelah kanan atas lalu tap Time Watched.

Screenshot_20190228-154112_YouTube

  • Nah, di panel ini Anda dapat melihat berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menonton YouTube di hari ini, kemaren, minggu lalu dan rata-rata harian. Dengan informasi ini, Anda bisa memantau batasan maksimal menonton video di YouTube. Selanjutnya, terserah Anda bagaimana cara untuk menerapkan aturannya dalam keseharian.

Screenshot_20190228-160401_YouTube

Pergunakan Fitur Pengingat Istirahat di YouTube

Anda mungkin terlewatkan atau lupa. YouTube punya fitur pengingat istirahat, yang fungsinya agar penggunanya tidak menghabiskan waktu terlalu lama yang dapat berdampak buruk, tidak hanya terhadap pekerjaan tapi juga kesehatan.

  • Tap ikon profil Anda di kanan atas, kemudian tap Time Watched.

Screenshot_20190228-154112_YouTube

  • Kemudian aktifkan tombol Remind me to take a break.

Screenshot_20190228-160401_YouTube

  • Lalu tentukan sendiri kapan peringatan akan diaktifkan. Waktunya bebas terserah Anda.

Screenshot_20190228-154205_YouTube

Matikan Notifikasi

Notifikasi menjadi jurus yang cukup ampuh untuk menggeret kembali pengguna yang tidak sedang menonton video. Notifikasi datangnya bisa dari banyak tempat, antara lain komentar, video baru dari chanel langganan, ada yang menyukai komentar Anda, ada yang melaporkan dan banyak lagi faktor lainnya.

Agar Anda tidak kepincut ajakan dari notifikasi-notifikasi itu, mematikan semua jenis notifikasi adalah ide yang sangat berani.

  • Tap ikon profil Anda, kemudian tap Settings – Notifications.

Screenshot_20190228-154847_YouTube

  • Silahkan matikan notifikasi yang menurut Anda paling sering mengalihkan perhatian.

Screenshot_20190228-154815_YouTube

Matikan Autoplay

Fitur autoplay dibuat memang bertujuan agar pengguna makin lama berada di YouTube. Tapi ini jadi masalah jika Anda punya pekerjaan yang harus diselesaikan segera.

  • Untuk mematikan autoplay, tap ikon profile – Settings – Autoplay.

Screenshot_20190228-154853_YouTube

  • Matikan opsi autoplay next video.
  • Selanjutnya, matikan juga autoplay di laman home. Tap menu kedua Autoplay on Home.

Screenshot_20190228-154859_YouTube

  • Lalu pilih opsi Off. Kini, semua fitur autoplay sudah dimatikan, Anda terbebas dari segala gangguan.

Terakhir, hiburan memang sebuah kebutuhan yang mustahil dikesampingkan begitu saja. Apalagi YouTube dapat diakses sedemikian mudah dan murah. Tetapi yang harus dipahami adalah; ada batas untuk segala hal tak terkecuali hiburan semurah YouTube.

Sumber gambar header Pixabay.

Tips
Placement Ads
Artikel Terbaru