Categories

Berita

HootSuite Terapkan Model Bisnis Freemium

Wiku Baskoro - 12 August 2010

Bagi para pengguna layanan social media dashboard HootSuite, kini harus bersiap untuk melihat layanan favorit mereka menerapkan model bisnis freemium. Mulai tanggal 11 Agustus 2010 kemarin, para pengguna baru HootSuite akan diminta untuk menentukan rencana penggunaan akun HootSuite mereka, apakah akan menggunakan fasilitas gratis atau fasilitas berbayar, sedangkan untuk pengguna lama, penerapan model bisnis freemium akan dilaksanakan mulai minggu depan.

Layanan gratis HootSuite akan tetap tersedia, namun dengan fasilitas yang tidak lengkap, berbeda dengan akun berbayar. Ada dua paket utama yang ditawarkan HootSuite yaitu Enterprise Package serta Pro Plans.

Enterprise Package yang diperuntukan bagi perusahaan dengan berbagai fasilitas VIP dengan harga $1499 perbulan atau dengan tambahan $499 perbulan jika ingin menambah layanan Ow.ly Pro Vanity URL. Paket ini memang diperuntukkan bagi profesional serta perusahaan dengan anggota tim cukup banyak yang menggunakan HootSuite, selain itu beberapa fasilitas VIP seperti pelatihan penggunaan aplikasi HootSuite, sertifikat program dari HootSuite serta berbagai fasilitas tanpa batas untuk RSS Feed serta jumlah jejaring sosial yang digunakan juga tersedia untuk paket ini.

Sedangkan untuk pengguna personal atau perusahaan berskala kecil bisa menggunakan fasilitas paket HootSuite Pro, setidaknya ada 4 paket ditambah dengan layanan gratis yang selalu akan ditawarkan oleh HootSuite. Untuk layanan berbayar, harga yang ditawarkan mulai dari $4,99 sampai dengan $99,99 perbulan, tergantung dari fasilitas yang disediakan. HootSuite juga menyediakan free trial selama 30 hari untuk semua akun di paket HootSuite Pro ini.

Sebagai perbandingan, untuk akun gratis, pengguna HootSuite hanya bisa menggunakan 5 jejaring sosial kemudian satu sumber RSS Feeds yang bisa digunakan untuk tweet otomatis, sedangkan fasilitas yang disediakan untuk pengguna yang membayar $99,99 perbulan bisa menambahkan aplikasi jejaring sosial tanpa batas, RSS Feeds yang tanpa batas, bisa menambahkan anggota tim sebanyak 8 orang, bebas iklan, mendapatkan dukungan dari HootSuite, statistik, serta URLs khusus dengan menambah lagi biaya $49,99 perbulan.

Model freemium sebenarnya menjadi salah satu strategi monetisasi yang bisa diterapkan untuk layanan yang telah memiliki pertumbuhan pengguna yang cukup, dan itu sepertinya yang ingin juga diterapkan oleh HootSuite, seperti yang disebutkan pada pengumuman resmi mereka, strategi ini mengikuti beberapa situs yang menggunakan cara yang sama seperti Salesforce, Basecamp dan Flickr.

Mungkin agak bias karena saya sendiri termasuk pengguna fanatik HootSuite, disatu sisi freemium adalah jalan yang cukup baik bagi sebuah startup, apalagi jika layanan mereka punya keunggulan dan punya fungsi yang relevan bagi kebutuhan konsumen, namun disisi lain, sebagai salah satu pengguna awal HootSuite yang selalu senang dengan berbagai kemunculan fitur baru mereka, serta fasilitas yang cukup banyak yang bisa didapatkan dengan akun gratisan, pengurangan fasilitas untuk akun gratis dan mengharuskan saya membayar untuk mendapatkan fasilitas yang tadinya saya dapatkan secara gratis kadang cukup menyebalkan juga.

HootSuite tetap akan menyediakan fasilitas gratis atas layanan mereka, bahkan mereka juga mengatakan bahwa sekitar 95% pengguna mereka akan menggunakan layanan gratis dari HootSuite. Untuk sebuah bisnis, saya pikir ini jalan awal yang baik bagi HootSuite dan bisa menjadi contoh untuk startup lokal di Indonesia, ketika layanan memang memberikan fungsi yang relevan, meskipun hanya 5% kemungkinan pengguna yang akan membayar, tetapi itu bisa jadi awal yang baik, meski HootSuite juga akan tetap bersaing dengan layanan sejenis lain yang beberapa diantaranya masih memberikan fasilitas gratis yang cukup bagus.

Bagaimana dengan pendapat Anda atas strategi freemium HootSuite ini? Dan bagi pembaca DailySocial yang menggunakan HootSuite, apakah Anda akan menggunakan fasilitas berbayar mereka atau akan tetap menggunakan fasilitas gratis? Pendapat Anda kami tunggu di kolom komentar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter